Jumat, 31 Januari 2014

EKOLOGI INDUSTRI BIJIH BESI

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Biji atau bijih besi adalah cebakan yang digunakan untuk membuat besi gubal. Biji besi terdiri atas oksigen dan atom besi yang berikatan bersama dalam molekul. Besi sendiri biasanya didapatkan dalam bentuk magnetit (Fe3O4), hematit (Fe2O3), goethit, limonit atau siderit. Bijih besi biasanya kaya akan besi oksida dan beragam dalam hal warna, dari kelabu tua, kuning muda, ungu tua, hingga merah karat anjing Saat ini, cadangan biji besi nampak banyak, namun seiring dengan bertambahnya penggunaan besi secara eksponensial berkelanjutan, cadangan ini mulai berkurang, karena jumlahnya tetap.
Meskipun zat besi adalah unsur yang paling berlimpah keempat dalam kerak bumi, yang terdiri dari sekitar 5%, sebagian besar terikat dalam mineral silikat atau karbonat lebih jarang. Besi adalah logam dunia yang paling umum digunakan adalah baja, dimana bijih besi adalah bahan utama, yang mewakili hampir 95% dari logam semua digunakan per tahun. Hal ini digunakan terutama dalam aplikasi teknik struktural dan dalam tujuan maritim, mobil, dan. umum aplikasi industri (mesin). Kaya zat besi batuan di seluruh dunia umum, tetapi bijih kelas operasi penambangan komersial didominasi oleh negara-negara yang tercantum dalam tabel samping. Pertambangan bijih besi adalah volume bisnis margin tinggi rendah, sebagai nilai besi secara signifikan lebih rendah dari logam dasar. Hal ini sangat padat modal, dan memerlukan investasi yang signifikan dalam infrastruktur seperti rel untuk transportasi bijih dari tambang ke sebuah kapal barang . Untuk alasan ini, produksi bijih besi terkonsentrasi di tangan beberapa pemain utama.
Pertambangan bijih besi memiliki beberapa jenis yaitu Deposit bijih magnetit Magmatik Kadang-kadang granit dan batuan beku ultrapotassic memisahkan kristal magnetit dan massa bentuk magnetit cocok untuk konsentrasi ekonomi, Baja, Pasar bijih besi, silicon (silica), fosfor (pospor), aluminium (Al), belerang (sulfur). Adapun pertambangan bijih besi yang akan dibahas dalam makalah ini meliputi bijih besi dibidang baja dengan mengambil satu contoh perusahaan yaitu PT. Bijih Bersinar.
B.      Rumusan Masalah
1.      Apa itu PT. Bijih Bersinar ?
2.      Produksi PT. Bijih Bersinar ?
3.      Bagaimana sistem pembangunan berkelanjutan PT. Bijih Bersinar ?
4.      Bagaimana sistem ekologi industry PT. Bijih Bersinar ?


BAB II
ISI
A.      Latar Belakang Perusahaan
Pada 31 Agustus 1970, berdirilah PT Bijih Bersinar yang memanfaatkan kembali peralatan-peralatan dari proyek itu yang berbentuk pabrik kawat baja, pabrik baja tulangan dan pabrik baja profil. Perkembangan Bijih Bersinar sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri baja berlangsung cukup maju. Dalam kurun waktu kurang dari sepuluh tahun, Perseroan sudah menambah berbagai fasilitas produksi seperti Pabrik Besi Spons, Pabrik Billet Baja, Pabrik Batang Kawat, serta fasilitas infrastruktur berupa pusat pembangkit listrik, Pusat Penjernihan Air, pelabuhan khusus Cigading dan sistem telekomunikasi. Dengan perkembangan ini, PT Bijih Bersinar menjadi satu-satunya perusahaan baja yang terpadu di Indonesia.
Perseroan terus mengembangkan produksi berbagai jenis baja untuk bermacam keperluan, seperti baja lembaran panas, baja lembaran dingin dan batang kawat. Saat ini, Krakatau Steel memiliki kapasitas produksi baja kasar sebesar 2,45 juta ton per tahun untuk mendukung produksi baja tersebut. Produk- produk baja Bijih Bersinar ini tak hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan baja nasional, tetapi juga dipasarkan secara internasional.
Proses produksi baja di PT Bijih Bersinar dimulai pada pabrik pembuatan besi yang menggunakan proses reduksi langsung bijih besi dengan gas alam. Hasil produksi yang berupa besi spons ini selanjutnya dilebur bersama dengan besi bekas (scrap) pada proses pembuatan baja yaitu pabrik baja slab dan pabrik baja billet. Proses pembuatan baja tersebut menggunakan teknologi dapur busur listrik yang dilanjutkan dengan proses pengecoran kontinu menjadi baja slab dan baja billet.
Baja slab dilebur dalam kondisi panas pada pabrik baja lembaran lebur panas menjadi baja lembaran panas berupa coil, strip, maupun pelat. Sebagian baja lembaran panas ini langsung dijual ke konsumen atau diproses lebih lanjut di fasilitas produksi lainnya yaitu pabrik baja lembaran dingin. Pabrik ini menghasilkan produk baja lembaran dingin berupa baja lembaran panas yang dipickling, maupun baja lembaran dingin dengan perlakukan anil atau temper. Produk baja lembaran yang dihasilkan bisa berupa coil maupun sheet.
Baja billet yang dihasilkan sebagian dijual ke konsumen namun pada umumnya diproses lebih lanjut di pabrik baja batang kawat menjadi batang kawat.



B.      Produksi
Tahapan produksi baja PT. Bijih Bersinar :
A.   Pembuatan baja
Tahap pertama adalah bijih besi (iron ore) dan kokas (coke) dicampur dan dipanaskan hingga menghasilkan sinter. Lalu sinter dan batu kapur (limestone) dicampur dan dimasukan ke blast furnace dan dipanaskan pada suhu tinggi sampai menghasilkan besi cair. Besi cair diatas lalu dicampur dengan besi dan baja bekas dan dilelehkan di dalam electric Arc Furnace (EAF).
Bahan – bahan non-logam yang tidak diinginkan ditekan kandungannya dengan menambahkan bahan – bahan khusus. Reaksi kimia antara bahan khusus tersebut dengan unsur non-logam, mengakibatkan keduanya melekat dan terangkat ke permukaan yang akhirnya dibuang dinamakan mill scale. Setelah itu, besi cair dicampur dengan deoxidant untuk mengendalikan gas – gas yang terlarut. Lalu dari furnace dituang ke ladle, untuk selanjutnya dituang kecetakan – cetakan produk setengah jadi (slab, bloom, beam blank, dll).
B.   Casting dan Forging
Pembuatan baja dengan system cetak langsung (casting)   biasanya dilakukan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, maksimal 30 – 50 ton. Penggunaan pun dalam praktiknya tidak banyak, hanya untuk penggunaan khusus seperti untuk aksesoris dan peralatan M/E.
Forging adalah pembuatan material baja dengan menggunakan bloom atau billet sebagai bahan baku yang dipanaskan sampai dalam kondisi austenite dan dibentuk dengan system tekanan (press) mekanik sampai menjadi bentuk yang diinginkan. Contoh hasil forging ini adalah pipa seamless.
C.   Rolling
Dalam praktiknya rolling sangat luas digunakan, contohnya adalah dalam produksi pelat yang terbuat dari bahan baku slab. Beam blank dan billet biasanya digunakan untuk pembuatan profil – profil standar seperti siku, IWF, dan lain – lain.  Produk – produk setengah jadi biasanya di rolling pada kondisi austenite.
                                  
Hasil produksi PT. Bijih Bersinar :
1.        Gulungan Baja Panas

Baja digulung dalam bentuk gulungan dan plat adalah jenis produk baja yang dihasilkan dari proses pengerolan panas. Tanaman dan pengguna jenis baja biasanya menyebut produk ini 'baja hitam' untuk membedakannya dari dingin digulung umumnya dikenal sebagai 'baja putih'.

PT. Bijih Bersinar juga memproduksi baja plain carbon dan baja paduan mikro yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dari kualitas umum atau komersial hingga kualitas khusus, seperti struktur rangka baja, komponen kendaraan bermotor dan kerangka kerja, tumpukan, komponen alat berat, fabrikasi umum, pipa dan tabung umum, pipa dan tabung untuk pipa dan casing baris, tabung gas, baja tahan korosi cuaca, kontainer tekanan, dan boiler. 

Ketebalan gulungan baja panas yang berkisar 1,80-25 mm, sedangkan lebar berkisar 600-2060 mm. Produk baja panas dapat diberikan dalam bentuk gulungan dan piring. Kondisi ini bisa dalam bentuk gulungan atau produk melalui pengawetan dan proses meminyaki (hot rolled coil-acar diminyaki atau HRC-PO). PT. Bjijih Bersinar adalah mampu menghasilkan berkualitas tinggi gulungan baja panas untuk tujuan tertentu karena telah dioperasikan kontrol thermomechanic dan proses desulfurisasi menggunakan tungku sendok.

2.         Gulungan Baja Dingin

Dingin coil digulung dikenal sebagai 'baja putih' adalah jenis produk baja yang dihasilkan dari proses pengerolan dingin. Ini 'baja putih' memiliki tipe yang berbeda secara signifikan dibandingkan dengan 'baja hitam' atau baja lembaran panas. Baja lembaran dingin memiliki kualitas permukaan yang lebih baik, lebih tipis dan dengan ukuran yang lebih presisi, serta mempunyai sifat mekanik yang baik dan sifat mampu bentuk yang sangat baik.

Baja dalam kategori ini umumnya digunakan dalam proses pembentukan karena material ini memiliki formability baik, weldability, dan kualitas kekasaran. Baja putih ini juga dipakai untuk aplikasi dalam industri galvanizing (zinc-coating) dan enamel (lapisan porselen) industri, dan digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat timah pabrik-hitam kaleng makanan piring di industri makanan dan minuman. Untuk lembar anil, kisaran ketebalan perusahaan memproduksi baja putih 0,20-3,00 mm, sedangkan untuk lembar unannealed (dalam bentuk coil) ketebalan maksimum adalah 2,00 mm.

PT. Bijih Bersinar memiliki fasilitas vacuum degasser dan ladle metallurgy untuk menghasilkan baja dengan kualitas khusus, seperti baja sangat rendah-karbon dan Interstitial gratis Steel (IF Steel), cocok untuk menghasilkan produk dengan kualitas ekstra deep drawing. Dalam rangka memenuhi kebutuhan cold rolled coil dengan sifat mampu bentuk kualitas tinggi dan permukaan, PT. Bijih Bersinar menggunakan fasilitas batch annealing furnace dengan atmosfer hidrogen murni.

3.         Batang Kawat


Batang kawat terbuat dari billet baja, sehingga batang kawat dikategorikan sebagai produk bar, untuk membedakannya dari panas dan cold rolled coil dibuat dari baja slab. Batang kawat biasanya diklasifikasikan sesuai dengan isi dari karbon, yang batang kawat dengan rendah, sedang, atau tinggi karbon. Selain itu, batang kawat juga diklasifikasikan berdasarkan aplikasi mereka.

Rendah dan menengah batang kawat memiliki contentof karbon kurang dari 0,25%. Jenis baja ini umumnya digunakan untuk kawat, paku, wire mesh, dan material sebagai dasar untuk fabrikasi dilas (jendela atau pintu kisi, pagar, dan bar).

Aplikasi spesifik seperti kawat elektroda berlapis untuk tujuan pengelasan membutuhkan kontrol yang sangat ketat dalam hal konten paduan yang disukai oleh pelanggan.

Aplikasi lain membutuhkan kekuatan tarik tinggi. Aplikasi ini membutuhkan kadar karbon tinggi (biasanya lebih dari 0,40%) dengan penambahan sejumlah paduan, seperti Nb, V, dan Cr untuk menghasilkan bar baja dengan kekuatan tarik yang lebih baik dan sifat mampu bentuk. Tinggi batang kawat karbon biasanya digunakan untuk tempat tidur musim semi, sepeda (motor) teralis roda, frame payung, dan konstruksi lainnya.



C.      Pembangunan Berkelanjutan
Risiko Usaha adalah insiden potensial yang negatif dapat mempengaruhi pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Perusahaan atau unit organisasi. Manajemen risiko merupakan upaya untuk meminimalkan pengaruh negatif dari berbagai sumber risiko yang dihadapi oleh kegiatan usaha Perusahaan sehingga tujuan yang Perusahaan dapat dicapai secara optimal. Good Corporate Governance & Divisi Manajemen Risiko bertanggung jawab untuk menyiapkan infrastruktur, implementasi, sosialisasi, pembinaan pelaksanaan dan pengelolaan risiko bisnis perusahaan. Penerapan Manajemen Risiko di setiap unit bisnis didasarkan pada Manual Manajemen Pelaksanaan Risiko Perusahaan. Risiko yang teridentifikasi dikelompokkan menjadi empat jenis risiko, yaitu: risiko strategis, risiko keuangan, risiko operasional dan risiko lingkungan. Semua risiko yang teridentifikasi dicatat dalam database risiko dalam Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMARIS) Perusahaan.
·         Risiko Operasional Pabrik
Untuk mengurangi risiko gangguan dalam operasi pabrik, Perseroan melakukan upaya berikut:
1.    Secara konsisten melaksanakan program pemeliharaan prediktif dan preventif sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
2.    Mengidentifikasi Peralatan Kritis di setiap tanaman dan Pendukung Unit, harus diprogram pada pemeliharaan dan manajemen pengadaan dan ketersediaan suku cadang.
3.    Melakukan program pemeliharaan tahunan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.
4.    Melakukan harian, mingguan dan bulanan ulasan produksi pada kinerja operasi fasilitas produksi.
5.     Review dan melaksanakan program revitalisasi untuk memastikan operasi yang handal dari fasilitas produksi.
·         Risiko Dampak Lingkungan.
Pencemaran lingkungan, untuk alasan apapun, dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan kerja, kesehatan karyawan, peralatan keselamatan serta menyebabkan tindakan hukum mungkin. Sebagai bukti komitmen kami untuk melindungi lingkungan kerja, PT bijih bersinar telah melakukan:
1.        Membentuk dan menetapkan unit kerja yang secara khusus bertanggung jawab untuk mengelola keselamatan, kesehatan, dan Lingkungan (K3LH).
2.        Perusahaan secara konsisten dan sungguh-sungguh melaksanakan aturan dan peraturan serta termasuk yang telah ditetapkan dalam Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14000)
3.        Perusahaan analisis dampak lingkungan (AMDAL) untuk kegiatan operasi pabrik dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) atau Rencana Lingkungan (RKL) untuk melakukannya secara konsisten.
4.        Melengkapi Unit Produksi dengan Peralatan / Instalasi pengendalian pencemaran terbentuk, sistem dedusting, Water Treatment Plant, industri Pengelolaan Limbah (pengolahan lumpur) dll
5.        Menerapkan konsep zero waste dalam kegiatan produksi mereka dalam rangka untuk memaksimalkan produktivitas dan meminimalkan dampak negatif dari limbah industri.
6.        Dimiliki Community Development Forum (Bilik) sebagai forum komunikasi antara Perusahaan, Masyarakat dan Pemerintah Daerah yang berkaitan dengan isu-isu pengelolaan lingkungan, belerang cetakan, dll

D.      Ekologi Industri PT. Bijih Bersinar
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.
Contoh bentuk tanggung jawab itu bermacam-macam, yaitu :
o    mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan
o    pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu
o    pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum
o    sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak
o    khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Contoh bidang – bidang yang dikembangkan PT Bijih Bersinar :
1.     Bidang Sosial Kemasyarakatan
PT BB melakukan korporasi dalam rangka menjalin kemitraan baik dengan Masyarakat, Organisasi Kewanitaan dan Pemerintah Daerah. Kolaborasi kemitraan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan oleh PT BB ini menimbulkan semangat bagi masyarakat untuk menjadikan mata rantai aktivitas yang berkesinambungan sehingga mendorong tumbuhnya rantai nilai ekonomi di lingkungan perusahaan.
Namun kecenderungan saat ini masyarakat sekitar perusahaan, yang tidak memiliki keahlian untuk dapat diterima sebagai karyawan di PT BB, mengharapkan memperoleh manfaat yang besar pula dari Perusahaan, yaitu dapat menggunakan lahan-lahan kosong milik PT Bijih berlian, untuk tujuan ekonomi yaitu sebagai tempat berdagang, bertani dan berkebun.
Optimalisasi lahan kosong dalam pemenuhan harapan masyarakat, merupakan upaya PT BB, selain juga dalam pengamanan aset-aset perusahaan, penertiban dan pembenahan lingkungan dari pedagang kaki lima dan petani. Bina Pertanian dan Wisata Agro yang berlokasi di lahan kosong milik perusahaan, adalah salah satu alternatif kegiatan yang dapat mengakomodir seluruh aktivitas pertanian, perdagangan, pendidikan, olah raga, wisata dan rekreasi, namun tak lepas dari kegiatan penataan ramah lingkungan, seperti yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Daerah, yaitu Tata Kelola Ruang Terbuka Hijau. Untuk mencapai tujuan yang di harapkan PT Bijih Bersinar dan menumbuhkan sikap wirausaha bagi masyarakat, yang akhirnya akan mengantarkan kepada kesejahteraan masyarakat itu sendiri dalam kegiatan perekonomian, maka Bina Pertanian dan Wisata Agro merupakan wahana yang tepat, selain untuk mengangkat Image Perusahaan, menjalankan Program CSR, juga menjadikan Icon kota Cilegon.
2.      Bidang Pelestarian Lingkungan Hidup  
Pelestarian Biota laut dengan Penanaman Mangrove
Sebagai dua BUMN Besar di Indonesia, PT Bijih Bersinar Tbk dan Bank Mandiri bekerjasama untuk melakukan penanaman mangrove di beberapa titik pantai disekitar kawasan industri PT Bijih Bersinar, Minggu (2/9). Dirut SDM dan Umum PT BB, Dadang Danusiri, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa penanaman mangrove ini merupakan program rutin PT BB khususnya dalam upaya pelestarian lingkungan. Selain menanam mangrove sebagai wujud pelestarian biota laut, PT BB juga sejauh ini menurutnya telah dan akan tetap konsisten dalam pelestarian hutan. “Kegiatan yang kami lakukan bukan hanya seremonial belaka, namun kami menargetkan 100% pohon yang ditanam bisa hidup. Jika sudah ditanam, kami akan pantau secara berkala untuk melihat perkembangannya secara maksimal. Kalaupun ada yang mati, kita tanam kembali.” Jelasnya.
Penanaman Mangrove dikawasan sekitar perusahaan daya listrik ini sendiri diikuti oleh komunitas Funbike BPOS BB, Jajaran Direksi PT BB, jajaran Bank Mandiri Cilegon, Anak perusahaan Bijih Bersinar, vocational training dan aprentice Bijih Bersinar, dan para pelajar dari sekolah-sekolah dibawah naungan Yayasan Pendidikan Bijih Bersinar. Adapun mangrove yang ditanam adalah jenis bakau dan api-api dengan jumlah 6.000 batang, dan tersebar di beberapa titik di kawasan Industri  PT Bijih Bersinar.
3.     Bidang Pendidikan
Sejak bulan Agustus hingga Oktober 2012 diadakan program Education Fondation yang bertema “ Pendidikan Berbasis Budi Pekerti dan Industri” yang diikuti sekitar 550 pelajar dari Yayasan Pendidikan Krakatau Steel (YPKS) dari tingkat TK – SMP dengan acara kunjungan ke industri dilingkungan PT Bijih Bersinar.
PT Bijih Bersinar adalah perusahaan yang sudah dikenal peduli pada program pengenalan dan pembelajaran bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin berkunjung ke perusahaan pengolahan dan penyedia air bersih di Kota Cilegon dan sekitarnya.
PT Bijih Bersinar sering dijadikan obyek tujuan studi banding oleh kalangan pelajar s/d mahasiswa Perguruan tinggi yang berasal dari luar kota diantaranya Padang, Yogyakarta, Bandung dan dari lingkungan terdekat Cilegon, Serang dan sekitarnya sudah banyak yang berkunjung ke PT Bijih Bersinar dan berkesempatan melihat langsung serta mengetahui seluk beluk perusahaan air bersih yang memiliki standard kinerja kelas dunia ini.
Selain itu ada ICON PT BB yang banyak dikenal dan sering menjadi referensi studi banding dan percontohan baik nasional atau dari manca negara yaitu program implementasi jasa lingkungan yang bekerjasama dengan Forum Komunikasi DAS Cidanau (FKDC BANTEN).
Pada tanggal 27 September 2012 lalu. Rombongan tahap ke 4 sebanyak 140 pelajar dari SMP YPKS berkesempatan berkunjung ke PT BB dan saat itu dihadiri oleh Direktur Utama PT Bijih Bersinar, M. Balbeid yang turut memberikan arahan/sambutan pada pelajar SMP YPKS yang didampingi juga oleh Ketua YPKS, Kuswanto AT dan Pengurus YPKS, Tb Imam Sri Bima, Hariyoto dkk.
Dalam acara ini juga R. Sugih Subagja, Gio Wardhana, Tavip Tamrin, A. Suryana dari PT KTI, berkesempatan menjelaskan tentang proses pengolahan air mulai dari asal air baku, proses pengolahan hingga distribusi air bersih dan dalam acara ini juga diselingi tanya jawab dari pelajar.
Kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat mendatangkan banyak manfaat bagi pelajar SMP YPKS atas apa-apa yang sudah diketahui dan dipelajari langsung yang kelak akan melekat dalam ingatan mereka hingga dewasa nanti, demikian harapan dari Ketua YPKS, Kuswanto AT.

BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Biji atau bijih besi adalah cebakan yang digunakan untuk membuat besi gubal.Biji besi terdiri atas oksigen dan atom besi yang berikatan bersama dalam molekul. Bijih besi yang terdiri dari beberapa kategori salah satunya pertambangan bijih besi yaitu baja seperti contoh perusahaan PT. B ijih Bersinar. PT Bijih Bersinar yang memanfaatkan kembali peralatan-peralatan dari proyek itu yang berbentuk pabrik kawat baja, pabrik baja tulangan dan pabrik baja profil. Memproduksi baja pada perusahaan ini layaknya memproduksi baja pada umumnya casting and forging dan rooling, namun hasil dari produksi itu sendiri yaitu gulungan baja panas, gulungan baja dingin, dan kawat baja.
Sistem pembangunan berkelanjutan pada PT. Bijih Bersinar lebih mengedepankan manajemen risiko merupakan upaya untuk meminimalkan pengaruh negatif dari berbagai sumber risiko yang dihadapi oleh kegiatan usaha Perusahaan sehingga tujuan yang Perusahaan dapat dicapai secara optimal. Risiko operasional pabrik dan risiko dampak lingkungan juga dikedepankan oleh PT. Bijih Bersinar.
Ekologi industry telah dilaksanakan oleh PT. Bijih Besi dalam bidang social kemasyarakatan, bidang pelestarian lingkungan hidup, dan bidang pendidikan.
B.      Saran
Berdasarkan apa yang telah saya jelaskan dalam makalah mengenai pertambangan bijih besi ini pasti ada kekurangan maupun kelebihannya. Adapun kritik maupun saran dapat disampaikan ke penulis agar dapat memperbaiki makalah ini baik dari segi penulisan, materi, maupun tata bahasa yang disampaikan. Penulis mengharapkan pembaca dapat mengambil manfaat dari makalah yang telah dibuat.








DAFTAR PUSTAKA


2 komentar:

  1. sama2...
    semoga bermanfaat ^^

    BalasHapus
  2. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover

    BalasHapus